WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 02 November 2011

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

A.PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang meliputi pertambahan tinggi,besar dan berat. pertumbuhan bersifat kuantitatif karena pertambahan tinggi,besar,dan berat suatu makhluk hidup dapat diukur.pertumbuhan pada tumbuhan dapat diukur dengan suatu alat yang disebut auksanometer(busur tumbuh). sedangkan  perkembangan adalah proses menuju kearah kedewasaan. perkembangan bersifat kualitatif,artinya tidak dapat diukur.
1. pertumbuhan dan perkembangan padatumbuhan
perertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan diawali dari proses perkecambahan. perkecambahan adalah proses pertumbuhan dan perkembangan biji menjadi kecambah.pertumbuhan pada tumbuhan di bedakan menjadi 2 macam yaitu:
a. pertumbuhan primer
pertumbuhan primer terjadi sebagai akibat pembelahan sel-sel penyusun jaringan meristem.pertumbuhan primer ini terjadi pada ujung akar dan ujung tumbuhan yang menyebabkan memajangnya akar dan batang
b.pertumbuhan sekunder
pertumbuhan sekunder terjadi sebagai akibat aktivitas titik tumbuh sekunder, yaitu kambium.pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan di pengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal(gen dan hormon)dan faktor eksternal(air,cahaya,suhu dll)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar