WELCOME TO MY BLOG

Senin, 24 Oktober 2011

PENGERTIAN BIOTEKNOLOGI

Teknik Bioteknologi adalah penggunaan makhluk hidup dan hasil-hasilnya untuk menyediakan barang dan pelayanan. istilah Bioteknologi pertama kali diperkenalkan oleh Karl Ereky pada tahun 1917. berdasarkan tehniknya Bioteknologi di bedakan menjadi 2 macam yaitu:
1. Bioteknologi Konvensial,yaitu bioteknologi yang memanfaatkan mikroba untuk menghasilkan produk barang dan jasa melalui proses fermentasi. contoh: pembuatan tempe,tape,nata de coco(sari kelapa) dan pengendalian hama menggunakan organisme patogen.
2. Bioteknologi modern, yaitu bioteknologi yang mengoptimalkan pemanfaatan sel dan teknologi molekuler untuk membuat produk  yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. contoh: tehnik hidroponik,kultur jaringan,pembuatan pupuk biologi dan pembuatan bibit unggul.
beberapa contoh produk bioteknologi makanan dan minuman yang ada dimasyarakat yaitu: 1. sari kelapa (nata de coco) merupakan bahan makanan atau minuman hasil fermentasi dari limbah air kelapa. jenis makanan ini berasal dari Filipina,kata "coco" berasal "cocos" dan kata "nata" adalah penemunya. sari kelapa dihasilkan oleh aktifitas bakteri Acetobacter xylinum yang mempunyai nilai gizi tinggi yaitu selulosa,kalsium,fosfor,zat besi,lemak dan karbohidrat. 2. tape, jenis makanan ini merupakan hasil fermentasi yang menggunakan ragi tape.jenis jamur utama dalam ragi tersebut adalah Saccharomy cescerevisiae. selain itu juga terdapat juga jamur Candiota sp.Hansenula,Aspergillus sp,dan juga bakteri asam laktat(laktobacillus sp).proses fermentasi akan menghasilkan zat sisa, yaitu berupa alkohol,CO2.dan H2O.3. tempe, fermentasi pada pembuatan tempe dilakukan oleh jamur tempe yaitu Rhizopus oryzae atau Rhizopus oligosporus. pada tempe terjadi proses perombakan protein,membuat protein dalam tempe menjadi lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar