WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 22 November 2011

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan

B. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan
faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal meliputi  genetik dan hormon sedangkan faktor eksternal meliputi makanan,air,suhu,aktivitas tubuh dan oksigen.
A. faktor internal
1. faktor genetik
gen merupakan faktor yang sangat menentukan pertumbuhan organisme karena gen adalah penentu pola dasar pertumbuhan.tinggi badan, warna kulit,warna bulu/rambut dan semua ciri tubuh ditentukan oleh gen-gen. pengaruh faktor genetik pada umumnya lebih kuat.
2.faktor hormon
pertumbuhan larva dalam proses metamorfosis dikontrol oleh hormon. beberapa faktor luar yang ikut mempengaruhi pertumbuhan serangga seperti perubahan suplai makanan atau perubahan cahaya dan suhu akan memacu"otak" untuk mengeluarkan hormon.keadaan itu menyebabkan dikeluarkannya hormon ekdison dengan konsentrasi rendah dari kalenjar toraks dan hormon juvenil dengan kosentrasi tinggi.hasil kerja hormon-hormon itu ialah perubahan larva m,enjadi larva dewasa kemudian menjadi kepompong dan akhirnya menjadi serangga.Hormon yang paling berpengaruh terhadap hewan mamalia adalah hormon somatotropin (hormon pertumbuhan).hormon ini dihasilkan oleh kalenjar hipofisis.kekurangan hormon somatotropin akan mengakibatkan kekerdilan,sedangkan kelebihan produksi hormon akan menyebabkan gigantisme,yaitu pertumbuhan raksasa.pertumbuhan dan perkembangan larva hewan amfibi menjadi katak dewasa dipengaruhi oleh hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kalenjar tiroid.apabila hormon tiroksin diberikan pada seekor kecobong kecil ,kecebong akan mengalami metamorfosis dini,menjadi katak kerdil.sebalikya apabila kalenjar tiroid pada berudu diambil,proses metamorfosis tidak terjadi ,kecebong tetap seperti kecebong dengan ukuran tubuh lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar