WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 09 November 2011

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dibedakan menjadi 2 yaitu:
1.faktor eksternal , meliputi:
a. suhu
 tumbuhan dapat tumbuh dengan baik pada suhu yang paling sesuai atau disebut suhu optimum.sedangkan suhu terendah bagi tumbuhan untuk dapat tumbuh di sebut suhu minimum. suhu minimum bagi tumbuhan didaerah tropis sekitar 10 derajat celcius,didaerah dingin berkisar 5 derajat celcius.ada tumbuhan yang dapat hidup pada suhu 0 derajat celcius yaitu tanaman ganggang.
b. Cahaya
cahaya dapat mempengaruhi pertubuhan tumbuhan. pertumbuhan yang cepat di tempat yang gelap disebut etiolasi.
c. kelembapan
kelembapan udara maupun kelembapan tanah berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.
d. Air dan zat hara
jelas air dan zat hara sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. apabila tanaman kekurangan air akan layu .misalnya pada proses perkecambahan. perkecambahan dimulai dari masuknya air pada biji.air diserap melalui mikrofil dan testa. pada proses penyerapan air disebut imbibisi. imbibisi adalah proses masuknya air kerena diserap oleh substansi koloid yang kekurangan air di dalam biji. misalnya pati,polisakarida,dan substansi dinding sel pada jaringan biji yang kekurangan air.
2. faktor internal,meliputi:
a.hormon.
hormon yang mempengaruhi tumbuhan antara lain:
1. auksin. hormon ini disentesi pada jaringan yang selalu aktif membelah. fungi hormon ini adalah mempengaruhi proses pertumbuhan. bagian yang akan dipengaruhi hormon ini adalah kecepatan pertumbuhan,dormansi dan pembentukan bunga dan buah.
2. sitokonin. hormon ini disintesis di akar,kemudian ditransfer lewat xylem ke bagian tubuh lain. fungsi hormon ini adalah merangsang pembelahan sel,mempercepat pertumbuhan buah,menggiatkan pembelahan sel dan mencegah pengguguran daun.
3. giberalin. fungsi dari hormon ini adlah mrngatur proses pengguguran daun.
4.etilena. etilena adalah hormon yang memacu proses pemasakan buah.
b.gen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar